Yeay,
setelah mencari – cari tempat part time yang cocok, selanjutnya adalah
interview/ mensetsu(面接).
Ketika
interview hal pertama yang akan dilihat adalah CV dan kelengkapan dokumen
lainnya. Kemudian kemampuan bahasa Jepang, kesigapan dan semangat dari pelamar
juga mempengaruhi hasil interview/ mensetsu(面接).
Setelah
dokumen dikumpulkan biasanya pemilik toko melakukan beberapa tanya jawab.
Berdasarkan
pengalaman pribadi dan teman teman, berikut beberapa rangkuman pertanyaan yang
sering keluar ketika interview/ mensetsu(面接). ( setiap tempat kerja memiliki pertanyaan yang berbeda
– beda).
Kenapa
mau bekerja disini?
なぜ、うちの店で働きたいんですか。
Mau
bekerja di bagian mana? (Jika di Restaurant biasanya bisa memilih antara hall/
kitchen.)
どんなポシションにしたいんですか。
Sudah
berapa lama tinggal di Jepang?
いつから日本に住んでいますか。
Kapan
tiba di Jepang?
いつ日本に来ますか。
Kenapa
datang ke Jepang?
どうして日本に来ますか。
Hobby
nya apa?
趣味はなんですか。
Kalau
hari libur/ tanggal merah apakah bisa masuk?
週末と休みの日に通勤できますか。
Jika
toko sibuk, apa bisa lembur?
忙しいとき残業できますか。
Itulah
beberapa contoh pertanyaan yang sering di ajukan ketika interview. Selebihnya
mereka biasanya hanya mengajak berbincang – bincang sedikit.
Tanya
jawab ini memang bertujuan untuk lebih mengenal dan mengetahui tingkat bahasa
Jepang calon pekerja. Jadi, sebelum kalian melakukan interview, ada baiknya
untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan diatas, agar kalian
sudah siap menjawab dengan bahasa Jepang yang baik. Sehingga bisa menjadi nilai
tambah untuk kalian.
Nah
hasil dari interview/ mensetsu(面接) bisa di umumkan saat itu juga atau dihari berikutnya
via telfon.
Kalian
dinyatakan lulus ketika pemilik toko mengatakan 採用/ saiyou (diterima) atau bisa juga pemilik
toko langsung memberikan jadwal kerja untuk kalian yang menandakan kalian
diterima =D
Setelah
diterima, kalian akan menandatangani surat pernyataan diterima kerja,
menentukan jadwal, dan mendapat seragam serta sepatu kerja.
Oiya,
jangan sampai lupa ya karena saat ini peraturan kerja untuk pelajar asing sudah
mulai diperketat dengan adanya my number (kartu
identifikasi yang memonitor jam kerja para pelajar asing), usahakan untuk tidak
mengambil kerja lebih dari 28 jam selama satu minggu/ sekitar 4jam per hari.
Berikut
juga akan saya bahas tentang hal – hal penting saat bekerja, diantaranya:
1.
Disiplin waktu
Waktu adalah hal yang paling penting dalam sistem kerja di
Jepang. Mereka tidak akan segan segan menegur bahkan memecat kalian, ketika
kalian tidak disiplin akan waktu.
Ketika kalian ingin izin/ mengganti jadwal kerja kalian,
usahakan untuk memberitahukan pihak tempat kerja kalian paling lambat sehari
sebelumnya. Karena jika kalian meminta izin pada harinya atau bahkan sejam
sebelum kalian masuk kerja, hal itu akan sangat membuat sulit pemilik toko dan
para pekerja lainnya.
2.
Tunjukan Semangat
Mau selelah dan sesakit apapun ketika bekerja, orang Jepang
sangatlah profesional. Mereka betul betul memberikan yang terbaik ketika mereka
bekerja, karena menurut mereka pelanggan adalah Raja.
3.
Cepat dan Cekatan
Jika kalian perhatikan semua tempat kerja di Jepang, mau itu
restoran, hotel, convenience store, apotik bahkan toko kecil penggir jalan,
semua pekerjanya akan menjamu kalian dengan sangat sigap dan cepat, bahkan
tidak jarang sampai ada yang berlari.
4.
Selalu Tersenyum
Karena menganut paham pelanggan itu adalah Raja, untuk
menunjukan rasa terimakasih kepada pelanggan senyum adalah kewajiban. Dengan
semua kekhasan tersebut, dalam dunia bisnis, Jepang juga dikenal sebagai bisnis
dengan service terbaik di dunia loh.
Bagaimana
dengan kalian, apakah kalian sanggup mengikuti cara kerja Jepang yang begitu
luar biasa? Pasti bisa !!! =D
Dan
semua cara kerja ini menurut saya sangatlah positif dan patut ditiru untuk kita
yang ingin sukses di dunia bisnis. Semoga ketika pulang, cara kerja ini bisa
diterapkan di negara kita tercinta, Indonesia.
Semangat
ya minna, semoga bisa segera beradaptasi dengan cara hidup dan cara kerja di
Jepang.
Ganbatte
ne !!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar