Senin, 13 Juni 2016

BEBERAPA PERTANYAAN SAAT INTERVIEW PART TIME JOB

Yeay, setelah mencari – cari tempat part time yang cocok, selanjutnya adalah interview/ mensetsu(面接).

Ketika interview hal pertama yang akan dilihat adalah CV dan kelengkapan dokumen lainnya. Kemudian kemampuan bahasa Jepang, kesigapan dan semangat dari pelamar juga mempengaruhi hasil interview/ mensetsu(面接).

Setelah dokumen dikumpulkan biasanya pemilik toko melakukan beberapa tanya jawab.
Berdasarkan pengalaman pribadi dan teman teman, berikut beberapa rangkuman pertanyaan yang sering keluar ketika interview/ mensetsu(面接). ( setiap tempat kerja memiliki pertanyaan yang berbeda – beda).

Kenapa mau bekerja disini?
なぜ、うちの店で働きたいんですか。

Mau bekerja di bagian mana? (Jika di Restaurant biasanya bisa memilih antara hall/ kitchen.)
どんなポシションにしたいんですか。

Sudah berapa lama tinggal di Jepang?
いつから日本に住んでいますか。

Kapan tiba di Jepang?
いつ日本に来ますか。

Kenapa datang ke Jepang?
どうして日本に来ますか。

Hobby nya apa?
趣味はなんですか。


Kalau hari libur/ tanggal merah apakah bisa masuk?
週末と休みの日に通勤できますか。

Jika toko sibuk, apa bisa lembur?
忙しいとき残業できますか。

Itulah beberapa contoh pertanyaan yang sering di ajukan ketika interview. Selebihnya mereka biasanya hanya mengajak berbincang – bincang sedikit.

Tanya jawab ini memang bertujuan untuk lebih mengenal dan mengetahui tingkat bahasa Jepang calon pekerja. Jadi, sebelum kalian melakukan interview, ada baiknya untuk mempersiapkan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan diatas, agar kalian sudah siap menjawab dengan bahasa Jepang yang baik. Sehingga bisa menjadi nilai tambah untuk kalian.

Nah hasil dari interview/ mensetsu(面接) bisa di umumkan saat itu juga atau dihari berikutnya via telfon.

Kalian dinyatakan lulus ketika pemilik toko mengatakan 採用/ saiyou (diterima) atau bisa juga pemilik toko langsung memberikan jadwal kerja untuk kalian yang menandakan kalian diterima =D
Setelah diterima, kalian akan menandatangani surat pernyataan diterima kerja, menentukan jadwal, dan mendapat seragam serta sepatu kerja.
Oiya, jangan sampai lupa ya karena saat ini peraturan kerja untuk pelajar asing sudah mulai diperketat dengan adanya my number (kartu identifikasi yang memonitor jam kerja para pelajar asing), usahakan untuk tidak mengambil kerja lebih dari 28 jam selama satu minggu/ sekitar 4jam per hari.

Berikut juga akan saya bahas tentang hal – hal penting saat bekerja, diantaranya:

1.       Disiplin waktu
Waktu adalah hal yang paling penting dalam sistem kerja di Jepang. Mereka tidak akan segan segan menegur bahkan memecat kalian, ketika kalian tidak disiplin akan waktu.

Ketika kalian ingin izin/ mengganti jadwal kerja kalian, usahakan untuk memberitahukan pihak tempat kerja kalian paling lambat sehari sebelumnya. Karena jika kalian meminta izin pada harinya atau bahkan sejam sebelum kalian masuk kerja, hal itu akan sangat membuat sulit pemilik toko dan para pekerja lainnya.


2.       Tunjukan Semangat
Mau selelah dan sesakit apapun ketika bekerja, orang Jepang sangatlah profesional. Mereka betul betul memberikan yang terbaik ketika mereka bekerja, karena menurut mereka pelanggan adalah Raja.

3.       Cepat dan Cekatan
Jika kalian perhatikan semua tempat kerja di Jepang, mau itu restoran, hotel, convenience store, apotik bahkan toko kecil penggir jalan, semua pekerjanya akan menjamu kalian dengan sangat sigap dan cepat, bahkan tidak jarang sampai ada yang berlari.

4.       Selalu Tersenyum
Karena menganut paham pelanggan itu adalah Raja, untuk menunjukan rasa terimakasih kepada pelanggan senyum adalah kewajiban. Dengan semua kekhasan tersebut, dalam dunia bisnis, Jepang juga dikenal sebagai bisnis dengan service terbaik di dunia loh.


Bagaimana dengan kalian, apakah kalian sanggup mengikuti cara kerja Jepang yang begitu luar biasa? Pasti bisa !!! =D 

Dan semua cara kerja ini menurut saya sangatlah positif dan patut ditiru untuk kita yang ingin sukses di dunia bisnis. Semoga ketika pulang, cara kerja ini bisa diterapkan di negara kita tercinta, Indonesia.

Semangat ya minna, semoga bisa segera beradaptasi dengan cara hidup dan cara kerja di Jepang.
Ganbatte ne !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar