Jumat, 17 Juni 2016

PENGELUARAN BELANJA PERTAMA DI JEPANG ( UNTUNG ADA TOKO 100 YEN !!!)


April 2015

Setelah di Jemput oleh pihak sekolah, kami langsung diantar ke Apartment kami masing-masing. Letak nya di daerah Morinomiya, dimana di Morinomiya jugalah Osaka Castle berada =D

Untuk mencapai ke Osaka Castle hanya memakan waktu 10 menit berjalan kaki dari apartment kami. Mengetahui hal tersebut, saat itu saya merasa sangat senang. Namun kesenangan pun terganggu ketika saya mulai memasuki apartment.

Tidak ada yang salah dengan apartment kami, apartment nya baru, bagus, bersih dan terletak di tengah kota, hanya saja apartment ini kosong, sama sekali. 

Saya benar - benar lupa, menyewa apartment itu sama saja dengan menyewa rumah baru. Dan yang namanya menyewa rumah ya hanya bangunannya saja. Apartment yang saya tempati memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu, toilet, dapur, lemari penyimpanan(seperti kamar doraemon) dan beranda.

Untungnya dari sekolah sudah ada fasilitas 4 kasur lipat/ futon (布団), 1 rice coocker, 3 lampu bohlam, 1 lemari es dan kompor gas. Selebihnya tidak ada lagi barang lainnya.

Karena  keterbatasan bagasi, saya tidak membawa barang – barang perabotan rumah. Saya hanya membawa 1 set alat makan, atas saran dari teman saya yang sudah lebih dulu berangkat ke Jepang.

Selebihnya saya dan teman satu apartment saya mau tidak mau harus membeli barang – barang perabotan rumah tangga. Pengeluaran pertama inilah yang harus kamu siapkan, karena pengeluaran pertama ini agak menguras dompet kita loh. Apalagi buat kamu yang nanti akan tinggal sekamar sendiri.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, beruntunglah di Jepang ada toko 100 yen, yang tersebar di setiap daerah di Jepang, diantaranya : Daiso(ダイソ), Flat, Sierra dll. Namun di toko tersebut ada juga beberapa barang yang lebih dari 100 yen. 

Dan jika kamu bertanya tentang kualitas, untuk barang yang dihargai 100 yen (sekitar Rp. 12000), barang - barang di toko ini mempunyai kualitas yang lumayan, walaupun tidaklah bertahan lama.

Semuanya kembali lagi kepada keputusan kamu dan teman sekamarmu nanti, mau membeli perabotan yang biasa saja atau yang bagus sekalian. 
Saran dari saya, hanya untuk wajan/ penggorengan lebih baik kamu membeli barang dengan kualitas yang benar – benar baik, harganya diatas 1000 yen. Untuk barang lainnya, toko 100 yen saja sudah cukup.

Berikut rincian barang – barang yang saya beli :

Alat – alat Kebersihan :
Sapu
Pengki
Lap Meja (3 lembar)
Lap Pel
Kanebo
Ember (2 buah)
Sikat Cuci Baju
Sabun Cuci Baju (Detergent)
Sikat Cuci Kamar Mandi
Sabun Cair Pembersih Toilet
Sponge Cuci Piring (1 set : isi 6)
Sabun Cair Pencuci Piring
Keset ( 2 buah)
Pewangi Ruangan
Gantungan Jemuran
Tali Jemuran
Jepit Jemuran
Hanger (3 set)
Gantungan Baju (2 Set)
Tissue Toilet (1 set : 3 Roll)
Tempat Sampah

Total : 28 Barang

Alat – Alat Dapur
Panci Kecil
Wajan Kecil (2 buah)
Spatula 2 buah
Sendok sayur
Piring ( 4 buah)
Mangkok Nasi Jepang ( 4 buah)
Mangkok ( 4 buah)
Mangkok Besar (2 Buah)
Gelas ( 4 buah)
Sendok Garpu ( 4 pasang)
Sumpit (1 set : isi 5 Pasang)
Talenan
Pisau
Tempat Penyimpanan Bumbu (3 buah)

Total : 34 Barang


Alat Lainnya
Colokan Panjang
Colokan Pengubah Daya (dari 220 V menjadi 110 V) ( 4 buah)
Besi Gantungan
Besi Tempat Penyimpanan (3 buah)
Gantungan Besi
Tissue
Cermin
Sendal Rumah  ( 4 buah)
Gunting
Trash Bag

Total : 18 Barang

Barang yang di beli bersama sekitar 80 barang, kemudian jika dikalikan 100 yen beserta pajak 8%, total pengeluaran pertama kami sekitar 8800 yen. Itu hanya pengeluaran untuk perabotan rumah saja ya.

Belum Lagi bahan Pokok (Makanan). Jika diawal kamu tidak membawa bahan – bahan seperti beras, gula dan garam, pengeluaran berikut juga lumayan menguras kantong kamu. 
Sebenernya bahan pokok ini sebagian juga tersedia di toko 100 yen, namun dengan kuantitas yang lebih sedikit. Jadi lebih baik langsung membeli dalam jumlah banyak dengan harga yang lebih murah.

Berikut akan saya rincikan bahan – bahan pokok yang menjadi dasarnya saja. Untuk harga juga relatif, tergantung merek dan tempat kalian belanja. 
Jika kalian tinggal di Osaka, ada satu tempat belanja yang menyediakan harga paling murah, yaitu Tamade(玉出). Tempat belanja lainnya dengan harga yang lebih tinggi juga ada seperti Life, Donki Hotte, dll. Tapi saya akan menuliskan harga standarnya saja.

Minyak Goreng 1 Liter 400 yen
Beras 10 Kg 3000 yen
Gula 1 Kg 300 yen
Garam 1 Kg 300 yen
Merica 1 Botol 200 yen
Mayonnaise 400 gr 400 yen
Tepung 1 kg  600 yen

Total Pengeluaran sekitar 5200 yen dikalikan 8% adalah 5616 yen

Lumayan juga kan pengeluaran pertama kita, mari kita totalkan semuanya.

Pengeluaran Bersama
Perabotan rumah 8800 yen
Bahan Pokok 5616 yen
14416/  4 orang : Per Orang 3604 yen,  anggap saja per orang 5000 yen

Pengeluaran Pribadi
Sepeda 9000 yen
Handphone 12000 yen
Kartu Icoca 2000 yen
Inkan(印鑑) 500 yen

Total : 23500 yen

Jadi kira kira pengeluaran pertama kamu diawal sekitar 28500 yen  (23500 yen + 5000 yen), itu belum termasuk makan dan ongkos ya.

Saya menulis ini bukan untuk menakuti-nakuti kamu ya teman, saya menulis ini agar kamu yang mau berangkat ke Jepang, terutama Osaka, bisa memiliki gambaran dan lebih bisa menyiapkan diri.

Semoga pengalaman saya bisa menjadi bahan referensi yang baik untuk kamu semua ya. Amin.

Salam

3 komentar:

  1. Super detil banget ! Terima kasih banyak mba. Aku bulan juni insyaallah berangkat ke JP. Dan semua postingan blog mba bener bener ngbantu super, apalagi kebetulan aku juga akan ke sekolah bahasa yg di Osaka. Semoga mba' selalu dalam lindungan Allah SWT.

    BalasHapus
  2. Rinci sekali ulasan nya bagus.

    BalasHapus