Jumat, 10 Juni 2016

CARA CEPAT MENDAPAT PART TIME JOB

Hallo minna,
Kali ini saya akan membahas mengenai cara cepat untuk mendapatkan part time job(アルバイト)/  kerja paruh waktu di Osaka, Jepang.
Berdasarkan dari pengalaman saya, untuk mendapatkan kerja paruh waktu di Jepang tidaklah terlalu sulit. Pekerjaan yang tersedia pun banyak jenisnya, dari mulai: bidang kuliner (bagian hall atau kitchen), bidang perhotelan (bagian maid atau front office), bidang pertokoan (bagian kasir atau storage staff), bidang pabrik (bagian operator, leader, staff), bidang entertainment (staff/ sales marketing), bidang kesehatan (bagian day care untuk anak/ lansia), bidang olahraga (staff gymnasium), guru private, dan masih banyak lagi.

Persyaratan untuk mencari kerja paruh waktu :

Bahasa Jepang
Bahasa adalah persyaratan paling penting untuk bisa mendapatkan kerja. Walaupun bahasa Jepang kamu nanti belum terlalu bagus, jangan khawatir, minimal mengerti apa yang orang Jepang tersebut bicarakan, sudah bisa menjadi modal cukup untuk mendapatkan kerja.

Persyaratan Dokumen
-Passport
-Residance Card (Zairyuukaado/ 在留カード)
-Inkan (印鑑)
-Photo 1 lembar
-No. Handphone
-CV (履歴書)
NB : untuk mendapatkan kertas CV (履歴書), bisa di dapatkan secara gratis dengan mengambil majalah Townwork (trsedia 2 lembar kosong kertas CV), atau bisa juga membeli di toko 100 円(seperti: daiso, flat, dsb)

Kemana kah kita harus mencari kerja paruh waktu?

Ada beberapa jalan yang bisa kita tempuh, diantaranya:

Dikenalkan dari Sekolah
Biasanya sekolah – sekolah di Jepang sudah memiliki link/ kenalan dengan tempat – tempat part time. Sehingga anak- anak baru yang kesulitan mencari kerja, terutama yang belum bisa berbahasa Jepang bisa memakai cara ini. Ini adalah cara paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan bagi kamu yang baru datang. Walaupun memang dari pilihan bidang pekerjaan, lebih sedikit dan dari segi gaji pun biasanya tidak terlalu tinggi.

Dikenalkan dari Senior
Ini dia fakta dari kalimat silaturahmi mempermudah rejeki.
Yak, dengan adanya kenalan Senior yang sudah memiliki kerja part time dan sudah dipercaya oleh atasannya, bukanlah hal yang mustahil untuk mereka membantu kamu masuk ke tempat kerja mereka dengan mudah. Bahkan terkadang tanpa persyaratan lengkap pun kamu bisa masuk.
Karena jika orang Jepang sudah percaya pada pekerjanya , orang Jepang akan senang hati membantu para pekerja mereka, salah satunya dengan menerima teman mereka menjadi salah satu staff nya.
Saya menuliskan ini semua berdasarkan pengalaman saya yang dulu berhasil memasukan beberapa junior saya ke tempat kerja yang sama.

Nah, jadi buat kamu yang ingin mudah dapat kerja dengan gaji tinggi cara ini lumayan jitu, ayo mulai sekarang deketin seniornya 😉

Eits, tapi satu masukan ya buat kamu. Kalau nanti kamu dibantu oleh senior kamu dan berhasil mendapatkan pekerjaan yang sama, tunjukan semangat kamu dalam bekerja ya, karena semua kinerja kamu akan berdampak juga bagi senior yang membantu kamu =D

Majalah Townwork
Mau merasakan mencari kerja sendiri, dengan pilihan pekerjaan yang banyak? Bisa, majalah Townwork salah satu solusinya.
Majalah ini berisikan tentang lowongan kerja di seluruh Jepang.
Hampir semua bidang ada, dari gaji normal sampai gaji yang tinggi pun ada.
Di dalamnya juga terdapat 2 halaman kosong untuk kamu menulis CV(履歴書).

Majalah Townwork bisa didapatkan dengan mudah dan yang paling penting adalah gratis.
Majalah ini biasanya disediakan di setiap penjuru stasiun, di depan convenience store(コンビニ)、bahkan di beberapa rumah makan pun ada.
Majalah Townwork ini dicetak untuk beberapa warna. Warna tersebut menandakan wilayah tempat lowongan itu berada.
Hati – hati ya, ambilah majalah yang sesuai dengan daerah kamu tinggal.
Setelah kamu melihat isinya dan sudah mimilih tempat kerja yang sesuai dengan keinginanmu, kamu tinggal telpon ke nomor yang sudah tertera pada majalah tersebut.

Line Baitoru
Hampir sama dengan majalah Townwork, mencari kerja di Line baitoru pun sangat mudah.
Kamu tinggal add Line Baitoru di official account Line, dan ikuti petunjuk disitu.
Masukan bidang pekerjaan yang kamu inginkan dan daerah kamu tinggal, Line Baitoru akan langsung mencarikan pekerjaan yang tersedia sesuai keinginan kamu.
Setelah mimilih tempat kerja yang sesuai dengan keinginanmu, kamu tinggal telpon ke nomor yang sudah tertera ataupun mengirimkan persyaratanmu melalui email.

Langsung Datangi Tempat Kerja
Jika kamu tidak mau repot mencari di majalah atau di Line, kamu juga bisa mendatangi tempat part time nya langsung. Datangilah tempat part time yang memang mencantumkan banner dibukanya lowongan kerja (募集中). Kamu bisa langsung mendaftar dan menentukan waktu interview.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk mendapatkan part time.
Tunjukan juga semangat kamu ketika akan interview ya.

Selamat mencoba :)

Next, saya juga akan bahas apa saja yang biasanya ditanyakan dalam interview kerja part time di Jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar