Selasa, 07 Juni 2016

PERSIAPAN PERTAMA KETIKA DATANG KE JEPANG



YOUKOSO JAPAN!!
Yak, senang rasanya hati ini, ketika melihat tulisan tersebut di Bandara Internasional Kansai. “God, am i really in Japan now?” Rasa haru dan bahagia bercampur jadi satu.
Namun ketika rasa dingin menyentuh kulitku kala itu, rasa takut dan khawatir juga mulai melanda.
“what should i do?”, “harus mulai darimanakah?”, dan berbagai pertanyaan lain yang tiba-tiba datang.

Sebagai mantan pelajar asing yang pernah tinggal di Osaka, Jepang, saya tahu betul kekhawatiran sesama pelajar yang baru datang ke Jepang. Walaupun pasti sudah ada dari pihak sekolah dan kakak kelas yang menenangkan kita. 

Nah, saya harap tulisan ini bisa membantu kalian sesama calon pelajar asing yang akan menempuh hidup di Jepang, agar waktu pertama ketika kalian datang tidak terbuang sia-sia hanya karena tidak tahu harus mulai dari mana.

Persiapan Pertama Tinggal di Jepang

Di Bandara
1.       Residance Card (zairyuukaado/ 在留カード)
Ketika turun dari pesawat dan masuk imigrasi, kita akan langsung dibuatkan residance card (zairyuukaado/ 在留カード).

2.       Cap Izin Part Time
Ketika akan membuat residance card (zairyuukaado/ 在留カード), jangan lupa untuk mengatakan bahwa kalian akan melakukan kerja part time pada petugas imigrasi, karena cap izin kerja part time ini sangat penting untuk kalian yang ingin melakukan kerja part time. Cap akan diberikan pada bagian belakang residance card (zairyuukaado/ 在留カード).



--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
3.       Sepeda
Sepeda adalah kebutuhan wajib selama kita tinggal di Jepang. 
Untuk memprioritaskan sepeda di urutan ketiga memang agak berlebihan, tetapi sepengalaman saya lebih cepat kita memiliki sepeda itu lebih baik.

NB : banyak toko sepeda bekas di Jepang yang menawarkan harga mulai dari 6000 yen keatas. Bukti pembelian sepeda juga sangat penting (usahakan jangan sampai hilang), karena surat bukti tersebut berfungsi sebagai bukti kepemilikan seperti STNK.

4.       Pembuatan Inkan/ 印鑑 (Cap Nama)


Inkan/ 印鑑 adalah cap yang menuliskan nama pemilik. Kegunaannya adalah untuk menyatakan persetujuan/ menandatangani keperluan segala bentuk dokumen.

NB: memang untuk membuat inkan/印鑑 di tokonya langsung harganya memang lumayan mahal (mulai dari 2000 yen keatas), tapi jangan khawatir masih ada beberapa tempat yang menyediakan tempat pembuatan inkan/印鑑 dengan harga murah, seperti vending machine di Donki Hotte/ ドンキホーテ, berkisar dari harga 500 yen – 2000 yen.

5.       Registrasi Kependudukan dan Asuransi Kesehatan

Kartu yang telah di registrasi (telah dicap merah dan ditulis alamat lengkap pada bagian atas)

Kartu Asuransi Kesehatan

Setelah mengetahui alamat yang akan di tinggali, kita wajib lapor ke bagian kependudukan daerah setempat (kuyaku-sho/区役所 / kecamatan). Di bagian belakang residance card (zairyuukaado/ 在留カード) akan dituliskan alamat lengkap yang menyatakan kita sudah tercatat sebagai penduduk di daerah tersebut.
Saat kita melakukan registrasi, kita juga langsung didaftarkan untuk mengikuti asuransi kesehatan (hokensho/保健所). Karena biaya kesehatan di Jepang sangat mahal, maka saya sarankan untuk mengikuti asuransi ini.

Persyaratan: Passport dan inkan/ 印鑑 (bila sudah ada).

6.       Rekening Bank
Segera buka rekening bank dengan persyaratan membawa residance card (zairyuukaado/ 在留カード) yang sudah di registrasi dan juga inkan/ 印鑑(wajib ada). 

NB : kebanyakan bank di Jepang  meminta no. Handphone ketika ingin membuka rekening, sedangkan jika ingin membeli handphone persyaratan utama nya adalah harus memiliki rekening bank, maka bukalah rekening di bank negeri Jepang (Japan Post Bank/ 郵貯銀行) yang tidak membutuhkan no.Handphone dalam pembuatannya.

7.       Handphone 




Berikut persyaratan untuk membeli handphone di Jepang.  
Persyaratan utama : Residance Card (zairyuukaado/ 在留カード), Rekening Bank, Inkan/ 印鑑, Passport. 
Persyaratan tambahan (bisa memilih salah satu saja) : Credit Card/ Memiliki penanggung jawab Orang Jepang/ Surat keterangan tinggal (juminhyou/住民票) yang dibuat di Kuyaku-sho( 区役所) / Student Card.

NB : Persyaratan yang diminta tiap provider berbeda-beda.


Yap, itu dia beberapa point, apa saja yang harus kita lakukan ketika pertama datang ke Jepang.
Setelah semua hal tersebut telah dimiliki, baru dimulailah kehidupan di Jepang yang sesungguhnya. Kita sudah bisa mencari Part Time, sudah tidak takut nyasar karena sudah memiliki handphone. 

Dan tentunya sudah siap untuk  menjelajah Jepang.

Selamat menempuh hidup di Japan minna :D


3 komentar:

  1. Balasan
    1. Justru di Jepang iphone merajalela, bahkan harganya pun terbilang lebih murah dibanding handphone merk lainnya :)

      Hapus
  2. kak anggi, gimana kalau kita mendapat beasiswa dan setelah lulus bekerja di jepang, apakah kita perlu visa? bedanya dengan residance card apa ? terus apa yang akan kita lakukan pertama kali sampai di jepang yg notabene nya kita gak tau arahnya alias takut nyasar ,

    ~mohon penjelasanya

    BalasHapus